Komodifikasi Agama di Sosial Media

Penggunaan Hadis untuk Marketing di Instagram pada Akun HF Gold Puzzle

Authors

  • Anugrah Eran Batu Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.37252/jqs.v4i1.760

Keywords:

Komodifikasi, Hadis, Sosial media, HF Gold Puzzle

Abstract

Hadis yang selama ini digunakan untuk mengekstraksi sejarah, tuntunan dan hukum-hukum dalam islam, ternyata pada akun HF Gold Puzzle di Instagram penggunaan hadis tampak bergeser. Studi ini bertujuan untuk menelisik penggunaan hadis pada akun HF Gold Puzzle. Untuk menunjang penelitian ini, maka setidaknya terdapat tiga pertanyaan yang diajukan. Pertama, tipologi hadis yang digunakan dalam membuat konten di Instagram. Kedua, bagaimana intrepetasi hadis dalam konten. Ketiga, bagaimana pengaruh hadis dalam penjualan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, metode sampling sebagai metode pengumpulan data dan teori semiotika Roland Barthes sebagai teknik analisis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: pertama, beragam hadis muncul dalam unggahan dengan tema dan bentuk yang berbeda-beda disertai intrepetasi teks hadis yang minim dan cenderung promosi. Kedua, hadis-hadis seputar emas dimasukkan dalam konten sebagai bentuk edukasi atas konsekuensi logis dari bisnis penjualan emas syar’i, penggunaan hadis juga ditujukan untuk menciptakan citra bisnis yang sesuai prinsip syariat islam, namun di sisi lain penggunan hadis ditujukan untuk memperluas pangsa pasar di kalangan konsumen muslim. Ketiga, penggunaan hadis dalam unggahan yang secara data impresi terus meningkat, ternyata menyokong popularitas dan membentuk suatu eksistensi dimana hal ini secara otomatis mempengaruhi peningkatan penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, I. A. I. (2017). Di Bawah Bayang-Bayang Media: Kodifikasi, Divergensi, dan Kooptasi Agama di Era Internet. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 12(2), 116–121.

Agusta, T., Warto, W., & Supana, S. (t.t.). Dampak Komodifikasi Terhadap Perubahan Identitas Tari Topeng Hitam. Haluan Sastra Budaya, 1(2), 210–221.

Al Annafis, L., Nawawi, A., & Ikhsan, F. A. (2022). Iklan Madu HNI Di Instagram Dalam Pasar Komodifikasi Islam. Syams: Jurnal Kajian Keislaman, 3(1), 75–90.

Amna, A. (2019). Hijrah artis sebagai komodifikasi agama. Jurnal Sosiologi Reflektif, 13(2), 331–350.

Andariati, L. (2020). Hadis dan Sejarah Perkembangannya. Diroyah?: Jurnal Studi Ilmu Hadis, 4(2). https://doi.org/10.15575/diroyah.v4i2.4680

Andriani, D. P. (2019). Metode Sampling. Debrina. lecture. ub. ac. id, 1–36.

Bunt, G. R. (2018). Hashtag Islam: How cyber-Islamic environments are transforming religious authority. UNC Press Books.

Faddad, Z., & Mardiah, A. (2020). Komodifikasi Agama dalam Gerakan Majlis Tafsir al-Qur’an (MTA) di Surakarta. Religió Jurnal Studi Agama-agama, 10(1), 118–139.

Fakhruroji, M. (2005). Privatisasi Agama: Globalisasi dan Komodifikasi Agama. Jurnal Dakwah dan Komunikasi.

Ghoffari, M. I. A. (2023). Komodifikasi Hadis Umrah Dalam Tren Turisme Spiritual Di Pamekasan. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

HF Gold Puzzle (@hfgoldpuzzle) • Foto dan video Instagram. (t.t.). Diambil 30 September 2023, dari https://www.instagram.com/hfgoldpuzzle/

Irfa’Amalia, S. H. (2022). Komodifikasi Ajaran Al-Qur’an Dan Hadis Pada Online Shop Pakaian Muslim di Instagram. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Khanifa, N. K., & Sawaun, S. (2021). Kajian Hadis-Hadis Tentang Komodifikasi Air Perspektif Hermeneutika Maq??id? Al-Sy??ib?. Al-Fath, 15(2), 139–158.

Marx, K. (2018). Das kapital. e-artnow.

Miski, M., & Habibillah, P. G. (2022). Alteration of hadith functions in TikTok social media. Jurnal Living Hadis, 7(1), 97–120.

Muktiyo, W. (2015). Komodifikasi Budayadalam Konstruksi Realitas Media Massa. MIMBAR: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 31(1), 113–122.

Pradesa, D., & Ardilla, Y. P. (2020). Komodifikasi dan efek eksternalitas program dakwahtainment islam itu indah. INTELEKSIA-Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah, 2(1), 81–106.

Putra, H. (t.t.). Komudifikasi Hadis Hijrah Fest (Studi Kasus Instagram Hijrah Fest. Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rizaldi, M. (2023). Komodifikasi Hadis Hijrah dalam Akun Media Sosial Komunitas Kajian Musawarah. Al-Bayan: Journal of Hadith Studies, 2(1), 25–50.

Rosa, E. M. (2023). Representasi Pemaknaan Hadis Di Media Sosial (Penggunaan Hadis Untuk Marketing Di Instagram). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Shari, M. F., Kalijaga, P. I. U. S., & Agama, G. M. (2022). Meme-Meme Hadis Tentang Hijrah Dalam Sosial Media Instagram. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Soepriyanto, H. J., Christiana, M., & Harianto, A. (2021). Pengaruh Lingkungan Fisik Terhadap Impresi Konsumen Pada Kedai Kopi Kekinian Di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 7(1), 42–48.

Su’aidi, H. (2017). Hermeneutika Hadis Syuhudi Ismail. Religia, 33–48.

Tentang HF Gold Puzzle. (t.t.). Muamalah Emas Indonesia. Diambil 15 Oktober 2023, dari https://muamalahemas.com/tentang-hfgoldpuzzle/

Ulya, N. N. (2020). Perdebatan Peran Perempuan Di Ranah Publik Berdasarkan Hadis Dalam Sosial Media. An-Nawa: Jurnal Studi Islam, 2(1).

Widiastuti, N. (2020). Komodifikasi Keluarga Artis Indonesia di Media Televisi Swasta. Jurnal Beja, 1(1), 10–23.

Wilkins, F., Hakeem, L., Batumalai, P., & Jasmi, K. A. (2019). Media Sosial dan Dampak Positif Menurut Islam. Prosiding Seminar Sains Teknologi dan Manusia, 2019.

Zaenurrosyid, A., & Ulfiana, L. Z. (2016). Komodifikasi Agama dalam Islamic Tourism dan Aktivitas Ekonomi. Jurnal Islamic Review, 1, 109–123.

Zaman, A. R. B. (2022). Komodifikasi Konten Dakwah Habib Husein Jafar Al-Hadar Di Youtube: Ekspresi Kesalehan Dan Wacana Baru Dalam Kontestasi Keagamaan di Era Kontemporer. Proceedings ICIS 2021, 1(1).

Zazin, N., & Zaim, M. (2020). Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis Media Sosial Pada Generasi-Z. Proceeding Antasari International Conference, 1(1).

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Eran Batu, A. (2024). Komodifikasi Agama di Sosial Media : Penggunaan Hadis untuk Marketing di Instagram pada Akun HF Gold Puzzle. Jalsah : The Journal of Al-Quran and As-Sunnah Studies, 4(1), 1–30. https://doi.org/10.37252/jqs.v4i1.760

Issue

Section

Articles